logo
(021) 30014938, 08111-874448info@xenostemcell-indonesia.com

Apa itu terapi Stem Cell

Apa itu terapi Stem Cell
Adalah suatu pengobatan dengan prosedur tindakan medis, yang sudah lebih dari 50 tahun berhasil dipakai sebagai pengobatan berbagai penyakit yang tidak dapat diatasi oleh pengobatan terkini atau keadaan dimana penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan(untreatable / incureable diseases).

Terapi Stem Cell bukan pengobatan yang akan mengobati segala bentuk kelainan atau penyakit. Untuk itu perlu dipahami atau dimengerti bahwa tubuh setiap mamalia khususnya manusia terdiri dari sekitar 200 macam sel yang masing -masing memiliki siklus hidup (usia cell) yang berbeda beda.Sudah banyak berkembang penawaran terapi stem cell namun perlu dimengerti bahwa sel yang digunakan BCRO bukanlah sel yang masih primitif (embryonal) , melainkan sel muda, segar dan sudah terdiferensiasi sempurna dan dapat membelah diri dengan cepat.
Kelebihan sifat sel tersebut memungkinkan kita melakukan penyuntikan dengan cara yang mudah dan aman, dan tidak diberikan langsung pada organ-organ sasaran yang akan disembuhkan, bergantung kepada macam penyakit dan gangguan fungsi organ yang terjadi. Pemberian macam sel akan ditentukan melalui analisa fungsi organ-organ, (analisa patho fisiology ), sebelum dibuat suatu formula jenis sel-sel yang diperlukan (cells prescription).

Terapi stem cell telah digunakan sejak tahun 1950 an khususnya untuk merangsang pertumbuhan sel dalam organ- organ manusia yang mengalami perlambatan dan penurunan fungsi.Sampai saat ini tercatat lebih dari lima juta pasien diseluruh dunia telah mendapat pengobatan dengan stem cell.

Bio-Cellular Research Organization ( BCRO ) telah berhasil menyediakan bahan Terapi Stem Cell dari sebagian besar jenis sel yang ada untuk pengobatan pasien tanpa menimbulkan reaksi penolakan , sehingga tidak diperlukan pemberian obat anti immune (imunosupressant).

Hasil penelitian puluhan tahun terutama di Jerman dan Rusia, dengan memanfaatkan cara produksi yang baik dan benar (GMP (good manufacturing practice ) dan pengalaman klinis di banyak negara didunia, Terapi Stem Cell telah digunakan dengan hasil baik pada berbagai penyakit khususnya pasien yang tak tertolong dengan cara-cara konvensional, untuk mengembalikan fungsi organ yang terganggu(regenerasi).
Di Indonesia, sejak tahun1998 bekerja sama dengan BCRO Internasional, dikembangkan pelayanan pengobatan sel segar dengan hasil cukup baik dan tanpa penyulit apapun.

Penyakit-penyakit ini antara lain :

1. Diabetes Mellitus (kencing manis), terutama yang sudah mulai menimbulkan komplikasi seperti:

  • Gangguan penglihatan.
  • Gannguan ginjal.
  • Gangguan pada Jantung dan pembuluh darah.
  • Penyakit pengerasan pembuluh darah pada anngota gerak bawah berupa kesemutan diujung jari, gatal-gatal dikulit, hilang rasa (baal)dan lain-lain.
  • Kelainan pembuluh darah koroner jantung.
  • Gangguan kehamilan dan kesuburan karena diabetesdan gejala lain.

2. Penyakit kekurangan hormon dimana terapi sulih hormon sudah tidak efektif mengembalikan keseimbangan .

3. Menopause dini dan beberapa penyakit kandungan,endometriosis, myoma , dan lain-lain yang tidak dapat ditangani lagi dengan pengobatan yang biasa.canggih.

4. Kesuburan laki-laki dan perempuan yang gagal diatasi dengan pengobatan yang biasa.

5. Kelainan defisiensi imun (penurunan kekebalan) seperti HIV- AIDS,sindroma kelemahan otot kronis, Systemic Lupus Erythematosus,Kanker,penyakit anti imun dan lain-lain.

6. Penyakit menua termasuk menopause, impotensi, depresi, Alzheimer, dan lain-lain.

7. Cedera tulang belakang lama atau baru, Parkinson dan penyakit degenerasi sistem saraf pusat.

8. Penyakit degenerasi hati, saluran cerna, sistem kardio vascular/jantung pembuluh darah dan sistem lain.

9. Berbagai macam penyakit keturunan dan kelainan Kromosom pada anak seperti Down Syndrome, Distropic/Duchenne Muscular Dystrophy, Autisme, kegagalan pertumbuhan, retardasi mental berbagai penyakit kambuhan yang berasal dari saat prenatal, natal dan post natal.


Selain kelompok penyakit diatas para dokter ahli telah memanfaatkan Terapi Stem Cell sebagai pengobatan berbagai penyakit lain bila mereka menganggap bahwa pasien memerlukan .


1. Suatu stimulasi untuk regenerasi yang langsung pada sel dan jaringan berbagai organ yang rusak.

2. Suatu transplantansi langsung sel janin sebagai pengganti sel yang mati atau tidak berfungsi lagi.


Sekali lagi ditegaskan bahwa tidak semua kelainan dapat diatasi dengan terapi stem sel, karena sebelum diputuskan untuk itu, dilakukan analisa fungsi organ-organ (analisa pathofisiologis).